Wisata Alam dan Edukasi di Kebun Kopi Brenggolo Kecamatan Jatiroto Wonogiri

SEPUTARWONOGIRI.COM -Wisata Alam dan Edukasi di Kebun Kopi Brenggolo Jatiroto Wonogiri.
Alam Pegunungan Kabupaten Wonogiri memberikan peluang pemanfaatan lahan dan destinasi wisata yang bisa digarap dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan semua mahluk sekaligus kelestarian Alam nya itu sendiri.


Salah satunya di kawasan Kebun Kopi Brenggolo. Kebun Kopi yang berlokasi di dusun Gemawang desa brenggolo kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri sekitar kurang lebih 40 km dengan waktu 60 menit  dari Kota Wonogiri.

Jalan Menuju ke Lokasi Kebun Kopi Brenggolo  sudah Aspal bisa di Tempuh dengan Kenderaan Roda 4 dan Roda 2 , dari kota Wonogiri bisa lewat Slogohimo sebelum pasar kekanan atau lewat Sidoharjo ke Kanan.

Di Desa Brenggolo terdapat kurang lebih 28 ribu Batang Kopi di luas area tanam 35 hektar yang di kelola kelompok tani Argowilis Brenggolo ungkap Bambang Wakhit Abdul Rahman pendamping desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto di saat Ngopi Bareng di salah satu Kedai Kopi di selogiri. 


Sejak Tahun 2018 awal, Kopi brenggolo sudah mulai di kembangkan dengan pengelolaan pasca panen yang lebih baik mengikuti permintaan pasar yang kian bertumbuh setiap tahun .
Pak Darmo Ketua Kelompok Tani Argowilis sekaligus penggerak petani Kopi brenggolo.

Hal ini pun menarik minat petani terhadap komoditas kopi dengan adannya gerakan penanaman kopi di lahan perkarangan petani selain di Hutan Perhutani kata Bambang lagi. 

Wisata Alam dan Edukasi 

Selain komoditas kopi kawasan Kopi Brenggolo juga meyuguhkan banyak pemandangan dan kesegaran Alam yang bisa kita nikmati sepanjang jalan menuju lokasi dan di Kebun Kopi itu sendiri. 

Kita bisa merasakan sejuknya alam dan terkadang pada saat tertentu bisa melihat kabut di ketinggian Pegunungan Brenggolo dan pastinya menikmati kopi di kedai Kopi Brenggolo.

Wisata alam berpadu dengan Wisata edukasi memberikan pengalaman dan pengetahuan tersendiri bagi para wisatawan untuk lebih mengenal kopi.
Apalagi bisa ngobrol dengan Petani Kopi langsung dari proses tanam, perawatan kebun, panen raya, proses pascapanen hingga produksi kopi bubuk kemasan di unit pengolahan hasil (UPH) kopi milik Poktan Argowilis Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.
Bagi sobat wisata yang pengen berwisata ke kebun kopi Brenggolo bersama keluarga , sahabat, teman dan insitusi atau pun Komunitas dari luar kota wonogiri dengan paket di sesuaikan sekaligus didampingi pemandu wisatanya bisa hubungi  Travel & Experience Theater Kopi Brenggolo .

Link Terkait : 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Salam