Membaca dan Mindset

SEPUTARWONOGIRI.COM
Membaca Hanya sebagian orang yang bisa mengambil manfaat darinya. Sebagian lain lebih memilih mendengarkan ataupun melihat berita maupun keilmuan disekitar mereka. 



Apalagi di era digital dan kemudahan akses internet sekarang ini sering kita temukan ketika sudah menulis sesuatu di status sosial media jarang di baca dan alami pertanyaan berulang di di kolom komentar. Baik itu yang berkenaan dengan lokasi, waktu dan lain-lain salah satunya males membaca atau nggak terbiasa membaca terlebih dahulu.

Begitu juga dalam hal surat menyurat, proposal dan Lain-lain karena males membaca sering kita lihat dan alami baik di instansi atau antar isntitusi faktanya di ada sekitar kita karena nggak dibaca yang berujung pada kinerja, koordinasi dan salah faham. (Pengalaman waktu kerja di persh)

Belum lagi sering menerima telp, sms atau atau wa penipuan selagi belum alami sendiri kita sering abaikan ketika mengalami sendiri baru sadar, padahal banyak info-info di media beragam modus penipuan via online yang kita abaikan untuk luangkan waktu membacanya sejenak.

Tapi, tahukah kalian bahwasannya membaca merupakan anjuran utama ketika mencari ilmu? Nabi Muhammad SAW pertama kali pun mendapat wahyu pertama dengan perintah ” Bacalah !”

Menurut sebuah laman berita, minat baca masyarakat Indonesia dibanding negara-negara Asia lainnya sangat jauh di bawah rata-rata.  Benarkah?? 

Coba tanyakan pada diri kamu sendiri, berapa buku yang kamu baca perharinya. Tidak usah perhari, perminggu misalnya. Satu saja belum tentu, kan. Jadi wajar kalau urusan ‘baca-membaca’ ini sepi peminat.

Tahukan kamu ternyata membaca itu wajib kalau kamu ingin maju. Pepatah mengatakan " kita 5 tahun yang akan datang adalah buku yang kita baca hari ini". Tak ayal tokoh terkemuka dunia seperti Bill Gates –pendiri Microsoft, selalu meluangkan waktunya untuk membaca bahkan ketika matanya sudah tak mampu lagi menahan kantuk.

Masih belum percaya soal khasiat membaca ini?

8 kutipan ini bakal membuatmu tambah ingin luangkan waktu untuk membaca

1. A house without books is like a room without windows. -Horace Mann

Rumah tanpa buku ibarat sebuah ruangan tanpa jendela. Kebayang bagaimana rasanya tinggal disebuah ruangan tanpa jendela. Panas, pengap, sesak dan pastinya kamu nggak bakal betah tinggal di sana. Seperti halnya dirimu tanpa buku, hampa.

2. The more that you read, the more things you will know. – Dr. Seuss

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal pula yang kamu ketahui. Percaya deh kalau membaca itu memang banyak manfaatnya. Dr. Seuss saja sampai bilang begitu.

3. There is no friend as loyal as book. – Ernest Hemingway

Bagaimanapun buku adalah teman terbaik. Ia tak pernah mengecewakan

4. Sleep is good, he said, and books are better. – George R.R. Martin

Tidur memang bagus, tapi menghabiskan lembaran buku jauh lebih baik. Yang suka tidur, nih. Boleh kok tidur, seperlunya saja. Selebihnya manfaatkan untuk baca

5. Think before you speak. Read before you think. – Fran Lebowitz

Berpikirlah sebelum kamu berbicara. Bacalah sebelum kamu berpikir. Supaya kamu tidak asal ngomong, baca buku itu harus!

6. There are worse crimes than burning books. One of them is not reading them. – Joseph Brodsky

Ada banyak kejahatan yang paling sadis ketimbang membakar buku.Salah satunya adalah dengan tidak membacanya. Bisa dibilang orang jahat gegara malas baca? Yap, bisa saja

7. I read a book one day and my whole life was changed. – Orhan Pamuk

Suatu hari aku membaca sebuah buku dan hidupku telah berubah. Nih, Orhan Pamuk aja sampai bilang hidupnya berubah sejak membaca buku. Keren, kan?

8. Today a reader, tomorrow a leader. -Margaret Fuller

Hari ini pembaca, besok seorang pemimpin. Karena menjadi pemimpin itu bukan sekadar bim-salabim. Harus ada usaha. Salah satunya adalah banyak baca buku, baca situasi, baca yang terbaik untuk masa depan. Supaya luas wawasannya.Semoga membawa manfaat.


Mindset

Mindset seseorang juga di pengaruhi oleh pengalaman dan kegemaran dari berbagai referensi buku dan pengetahuan yang dia baca.



Mindset terdiri dari dua kata yakni mind dan set. Mind berarti pikiran dan set artinya aturan atau pola. Mindset adalah serangkaian pola pikir yang membentuk keyakinan untuk cara berpikir memahami segalanya. Mindset akan memengaruhi pandangan dan cara seseorang mengambil keputusan.

Mindset adalah keyakinan yang mengarahkan cara seorang individu menangani suatu situasi. Pola pikir atau mindset adalah seperangkat keyakinan yang membentuk cara seseorang memahami dirinya dan dunia. Mindset bisa memengaruhi cara berpikir, merasa, dan berperilaku dalam situasi apa pun.

Mindset adalah cara memilih apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan. Pola pikir membantu seseorang menemukan peluang, tetapi mereka juga dapat menjebak dalam siklus yang merugikan diri sendiri.  Pengertian dan Definisi Mindset

Beragam pengertian literasi sudah banyak dijelaskan tentang mindset , jelas di sini bila ada perbedaan mindset sangat di pengaruhi pengalaman dan literasi pengetahuan yang di baca. 

Mindset seseorang pun walau ada definisi yang menjelaskan dengan berbagai pengalaman dan di perkuat referensi bacaan seseorang bisa berubah baik pandangan atas suatu masalah, gaya hidup, tentang usaha /bisnis yang berujung pada hasil pencapainya pun berbeda. 

Dari pola pikir ukuran-ukuran kesuksesan dan cara pandang akan sebuah kejadian atau peluang dan kesempatanpun berbeda, hal ini juga di pengaruhi sekali dengan pengalaman dan referensi literasi yang di dapat.  

Yuk sobat gemar membaca dan mulai juga latih anak-anak untuk hobi membaca dari bacaan yang di sesuaikan dengan usia mereka dan peran orang tua sangatlah penting di luar jam sekolah mereka. Semoga Indonesia tidak lagi menjadi negara yang literasinya rendah dan jelas juga akan mempengaruhi pola pikir hingga setiap aktivitas menjadi efektif dan semakin banyak investasi waktu untuk hal-hal positif buat kita. Alias waktu tidak sia-sia. 

Link Terkait : 

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Salam