Karakter Rasa Kopi Gayo

SEPUTARWONOGIRI.COM-Selain manfaatnya yang luar biasa kopi juga banyak varian dan karakter rasanya, seperti Kopi Gayo salah satu Varian Kopi yang di tanam di tanah pegunungan Ketinggian diatas 1200mdpl takengon Aceh ini.

Kopi gayo memiliki Body dan Aromanya yang kuat sedikit rasa rempah dan tingkat keasamannya (spice) rendah. Hal ini juga di pengaruhi oleh ketinggian tempat kopi di tanam sehingga menghasilkan biji kopi yang padat / tebal.
Kopi gayo sangat di gemari karena tidak pahit, karakter nya yang clean membuatnya laku sebagai campuran house blend.
Dari pengalaman penikmat kopi yang sudah mencicipinya rata-rata menilai Aromanya sangat kuat dengan aksen nutty dan spice. Keasamannya sangat rendah, sweetness cenderung tinggi, dan body yang dihasilkan medium.
Tidak jauh dengan kareakter sumatera pada umumnya yang membedakan kopi gayo adalah aftertaste yang bersih (Clean). Karena karakter rasa bijinya, kopi ini sering di jadikan campuran untuk House Blend dn cafe / kedai-kedai kopi.
Apalagi kopi gayo yang di olah dan di proses secara higienis dari biji kopi pilihan petik merah petani kopi berpengalaman takengon Aceh.
Kopi Arabika Gayo Specialty menjadi salah satu pilihan bagi penikmat kopi yang mampir di Javaholic Coffee Corner


Kopi specialty merupakan istilah untuk kopi dengan grade tertinggi karena kopi diproses secara khusus dengan ketentuan khusus pula mulai dari proses awal kopi ditanam sampai disajikan dalam cangkir. Berikut syarat sebuah kopi bisa dikategorikan sebagai grade kopi specialty :
  • Petik merah. Kopi yang dipetik ketika dipanen wajib yang sudah berwarna merah saja, yang kemudian diproses menjadi green bean.
  • Memiliki total defect <4%. Jika dalam 1kg green bean kopi specialty, maka total defect atau biji yang rusak tidak boleh lebih dari 40gr.
  • Memiliki nilai cupping test >80.Oleh sebab itu, harga biji kopi specialty biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biji kopi kualitas lain. Karena memang rasa dan kualitas yang didapat sesuai dengan harga yang dikeluarkan. 
Salah satu kopi specialty yaitu Kopi Arabika Gayo Specialty dalam bentuk biji kopi bubuk kopi level medium roasted bisa di beli / di order di  Sini dengan harga terjangkau buat stok di kedai kopi dan seduh kopi sendiri di rumah atau di kantor.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Salam